1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Spot Casting Blitar untuk Gabus dan Hampala, Ini Rahasia!

Saya akan merekomendasikan beberapa spot casting Blitar untuk ikan gabus dan hampala.

Namun sebagai catatan, spot di bawah ini cukup rahasia dan tidak banyak orang yang tahu.

Mengingat spot mancing di Blitar cukup sulit dijumpai. 

Saya berpetualang menelusuri daerah-daerah, naik turun bukit, terpeleset berkali-kali. Dalam bahasa yang lebih jelas: saya bekerja keras menemukan spot ini. 

Oleh karena itu, guna menghargai kerja keras tersebut, jagalah spot mancing di Blitar. Baik casting maupun teknik memancing yang lain dengan cara:

  1. Tidak melakukan ilegal fishing (bom ikan, obat/racun, dan setrum)
  2. Melestarikan ikan dengan menebar benih atau melepaskan ikan kecil waktu memancing supaya anak cucu kita tidak merasakan perihnya boncos seperti orang tuanya.
  3. Mengampanyekan stop ilegal fishing secara masif.


Spot Casting Blitar untuk Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan jenis predator yang kerap menjadi sasaran para castinger. 

Sifat ikan gabus menjaga wilayah teritori, mirip preman. Kalau ada sesuatu yang asing mengganggu wilayah tersebut, akan langsung dihajar.

Pada intinya, cara casting gabus bisa menggunakan berbagai macam lure. Mulai dari yang paling umum digunakan adalah soft frog (SF), spinner bait, soft lure, maupun spoon.

Untuk spot casting gabus Blitar adalah sebagai berikut ini.

1. Sepanjang Galian Pasir Brantas

Daerah yang paling ramai dan sangat terkenal dengan banyaknya ikan gabus adalah sekitar Rejotangan. Meski berbatasan langsung dengan Tulungagung, para castinger tetap budal dong. Namun kalau kamu jauh banget dari Rejotangan, masih ada beberapa spot casting gabus yang dapat dicoba.

2. Wonodadi

Kecamatan Wonodadi, Blitar punya banyak aliran sungai. Kalau rumahmu sekitar daerah ini, pasti sudah tahu sungai mana saja yang potensial. 

Termasuk untuk melakukan casting ikan gabus, mencari ikan wader, atau memburu jenis ikan lainnya. 

3. Maliran

Apakah kamu tahu kalau daerah Maliran terdapat banyak bekas galian pasir? Nah, galian pasir Maliran inilah yang berkembang biak ikan gabus.

Misalnya saja yang berada di sekitar Pojok Ponggok. Namun waktu saya cek, bekas galian pasir Maliran tersebut sedang dipenuhi oleh enceng gondok. 

Tetapi tenang, kalau dibersihkan pasti gabusnya pada galak. Soalnya di sekitar sungainya, ada anak-anak gabus yang jumlahnya ribuan. 

Pada tengah bekas galian pasir yang penuh enceng gondok itu juga kerap terdengar suara ikan predator menyambar ikan kecil. Jadi, spot ini cukup potensial untuk casting gabus.

4. Candirejo

Pada daerah ini, sudah dikenal oleh banyak pemancing gabus dan nila. Sebab sasaran utama sebenarnya justru nila di bekas galian pasirnya.

Selain nila juga ada ikan lohan yang liar. Jadi tampak tidak mempunyai nonong di kepala ikan tersebut. Meski demikian, jumlah gabusnya ada banyak banget dan besar-besar.

5. Patok

Ada dua kolam (orang sekitar menyebut sumber) di daerah ini. Ikan gabus babon kerap terlihat pada kedua kolamnya. Ukurannya lebih dari betis orang dewasa.

Namun yang juga terkenal adalah ikan-ikan gabus tersebut sangat sulit untuk dipancing. Tentunya hal ini tidak menyurutkan niat dan semangat para castinger dong. Justru anggaplah sebagai tantangan untuk mendapatkan ikan.


Spot Casting Blitar untuk Ikan Hampala

Permasalahannya adalah, tidak seperti ikan gabus, jenis ikan hampala atau hampal atau hampili atau hampalung atau palung ini cukup kompleks. Ikan hampala di sekitar Blitar tidak ada selain di sungai Brantas.

Bagaimana tidak, di daerah ini masih banyak yang melakukan setrum dan obat. 

Bajingan memang. Tapi bagaimana lagi, edukasi dan sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah desa tentang kelestarian lingkungan sungai tidak ada sama sekali. Terutama pada daerah Blitar barat.

Para tukang setrum bebas melakukan apa saja. Mengambil semaunya. Tanpa memikirkan kelanjutan dari ekosistem untuk kelestarian sungai.

1. Sepanjang Aliran Sungai Brantas

Lagi-lagi, Sungai Brantas menjadi tempat berkumpulnya berbagai jenis ikan termasuk hampala. Spot yang cocok untuk casting di Brantas adalah yang jarang kena eksploitasi.

Kamu bisa mblasak-mblasak untuk melakukan petualangan seru mencari spot casting Blitar. Namun harus tetap hati-hati dan jaga diri ya.

2. Purwokerto

Aliran sungai di daerah ini cukup tenang. Kamu bisa mencoba casting hampala, namun zonk. 

Padahal di waktu yang sama, ada pemancing jaring yang dapat hampala babon loh. 

3. Nguri

Di bawah jembatan Nguri merupakan spot mancing yang kerap dijadikan tujuan orang-orang di sekitar Blitar. 

Tetapi masih ada saja rombongan tukang setrum yang menggunakan ban sebagai pelampung guna menelusuri aliran Sungai Brantas.

4. Wonodadi

Spot sekitar perbatasan Blitar dan Tulungagung cukup ramai dipancing orang-orang.

Kalau kamu merupakan orang yang mencari hampala, tampaknya perbatasan ini cocok. Soalnya banyak sekali letusan di sungai di mana hampala menyambar ikan kecil.

Oya, kalau kamu punya saran spot, bolehlah kita serbu bersama-sama. Silakan tulis di kolom komentar.

Saya mencari spot tersebut dalam jangka waktu sekitar 2 Minggu. Jadi mungkin masih belum semuanya. Sekian informasi tentang spot casting Blitar untuk gabus dan hampala, semoga membantu. //

Spot Casting Blitar untuk Gabus dan Hampala


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar