1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Lure untuk Gabus Tidak Mau Makan Selain Soft Frog

SELOKI - Banyak yang tidak tahu kalau lure untuk gabus ada berbagai macam jenis. Mulai dari yang bermain di top water maupun yang di dalam air.

Pada umumnya, nih, ikan gabus akan mengusir sesuatu yang mengancam wilayah kekuasaannya. Jadi misalkan di depan rumahmu ada orang asing yang mengejek wajahmu mirip babi.

Orang asing itu adalah lure atau umpan yang kita gunakan. Sedangkan kamu adalah seekor ikan gabus. Itu contohnya, ya.

Kamu pasti akan mengusir pengganggu tersebut, dong. Bisa dengan melempar sandal atau mengejarnya untuk dijotosi.

Tetapi ikan gabus tidak punya tangan atau sandal. Jadi mereka akan mengejar pengganggu tersebut sampai keluar dari wilayah kekuasaannya. Kalau masih bandel, gabus yang marah tersebut akan memukuli pengganggu dengan cara memakannya (soalnya cuma punya mulut).

Pada intinya, casting ikan gabus sama dengan memancing amarahnya.



Alasan Ikan Gabus Tidak Mau Menyambar Umpan

Nah, sebelum masuk lure alternatif untuk mancing gabus, ada baiknya mengetahui penyebab ikan gabus itu tidak marah.

Memang ada kok, beberapa jenis gabus yang merupakan seekor penyabar. Jadi meskipun ada pengganggu yang masuk ke daerah kekuasaannya, ada orang asing yang mengejek wajahnya mirip babi, dia tidak marah.

  1. Lure kurang mengganggu atau terlalu mengganggu, biasanya karena spot terlalu dalam atau terlalu keruh;
  2. Spot mancing gabus sudah tereksploitasi, ikannya frustasi;
  3. Sudah pandai karena kerap di-casting dan mocel;
  4. Tidak ada ikannya;
  5. Lure yang dipakai tidak tepat.

Untuk alasan terakhir, itulah yang akan sedikit saya bahas pada kesempatan kali ini. Yaitu alternatif lure untuk gabus yang enggak mau nyambar umpan.

Kalau alasannya 1 sampai 4, kamu bisa pindah spot mancing sambil menulis pakai pilox di batu: DILARANG NYETRUM DAN NGOBAT, COK! 💔



lure untuk gabus tidak mau makan

Lure untuk Gabus Selain Soft Frog

Soft Frog (SF) adalah umpan yang populer digunakan untuk menggoda kemaran ikan gabus supaya mau menyambar.

Namun bagaimana, kalau umpan populer tersebut tidak bekerja di spot yang biasanya? Kamu bisa menggunakan beberapa saran umpan lainnya di bawah ini.

1. Jaws Frog (JF)

Lure Jaws Frog (JF) adalah umpan ikan gabus yang cukup dikenal selain Soft Frog (SF). JF sama-sama beroperasi di top water, namun percikan air yang dihasilkan lebih besar. Ini sangat efektif untuk memancing ikan emosi ikan gabus supaya menyambar.

Analoginya, kalau seseorang terlalu sabar saat dihina bahwa wajahnya mirip babi, maka kita tingkatkan penghinaan. Dengan mengatakan bahwa yang selain mirip babi, dia juga punya titit yang sangat kecil dan mudah keluar.

Sebagai alternatif lain, kamu juga bisa memakai Buzz Bait yang punya suara sangat keras!

2. Spinner Bait

spinner bait untuk gabus

Kadang alasan gabus tidak mau menyambar umpan di permukaan air karena terlalu cerah. Bisa jadi sebab kamu memancing di saat siang bolong.

Untuk mengatasi hal tersebut, ganti umpan dengan lure untuk gabus spinner bait. Lure ini sangat ampuh memancing gabus babon.

Dalam spinner tersebut, dilengkapi juga dengan blade yang berputar secara mengkilap. Sehingga benar-benar menarik perhatian ikan gabus.

Saat menggunakan jenis umpan ini pastikan bahwa lokasi casting tidak punya banyak sangkutan. Pastikan juga ikatan dan leader kuat. Supaya kamu tidak nyajen.

Baca juga:


3. Soft Lure

soft lure untuk gabus

Sering dianggap kurang efektif, padahal di tempat potensial soft lure cukup ganas sebagai lure untuk gabus dan ikan lain seperti hampala dan hampili (hampala kecil).

Soft lure punya single hook yang mencuat dari punggungnya. Waktu dimainkan, seolah-olah menyerupai ikan kecil yang tengah mabuk.

Nah, siapa yang suka kalau di rumahnya ada orang asing yang mabuk? Pasti akan mengusirnya, dong. Hal yang demikian juga dilakukan oleh gabus.

Masing-masing dari ketiga umpan di atas cobalah untuk dilempar minimal 10 kali casting. Kalau tetap tidak mau makan, kamu benar-benar perlu pindah spot casting.

Karena bisa saja penghuni rumah sedang keluar, tidur dan sulit bangun, atau memang benar-benar punya kesabaran tingkat dewa. Carilah rumah lain (sarang gabus) yang gampang marah. Rumah yang begitu bisa mudah ditemui di spot casting yang masih alami (belum kena obat dan setrum).

Itulah beberapa penjelasan tentang lure untuk gabus, terutama yang tidak mau makan selain menggunakan soft frog. Semoga membantu. //

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar