1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Cara Agar Longcast Pakai BC, Setting Reel dan Piranti Mancing

Mungkin sebelumnya kamu pakai reel spinning, kemudian beli casting dan ingin tahu cara agar longcast pakai BC. Saya pernah mengalami hal tersebut: pagi beli piranti BC, dan sore ingin bisa semudah menggunakannya.

Ternyata tidak semudah itu. Ada beberapa hal yang khusus.

Tetapi, kalau sudah terbiasa menggunakan BC, pasti mudah kok. Awalnya emang sulit, namun lama kelamaan pasti enak.

Kelebihan Menggunakan Reel BC

Sebelum itu, kita tengok beberapa kelebihan memakai piranti mancing BC dulu. Baitcasting lebih dominan menggunakan umpan tiruan, kalau pakai perasaan tiruan itu pacarmu yang sekarang. Segera putuskan dia.

  1. Lebih cepat, soalnya kamu cukup menekan thumb atau jempol untuk melakukan rilis. Di sisi lain, tidak perlu menutup knob spool seperti di spinning. Tinggal putar handle BC sudah tertutup, tinggal main retrieve.
  2. Kalau kamu suka tampilan semok, BC menjadi pilihan yang tepat. Tapi soal tampilan sifatnya subjektif, tidak bisa disamakan. Misalnya saya suka Renatta, kamu sukanya Luna Maya, itu tidak masalah!
  3. Khusus, soalnya piranti BC memang didesain sedemikian rupa untuk menerapkan teknik baitcasting. Kalau spinning bisa kamu pakai mancing dasaran, casting, sampai jigging pun bisa.

Kelemahan Menggunakan Reel BC

Di samping kelebihan, tentu tetap ada kelemahannya. Berikut ini beberapa kelemahan reel BC menurut SELOKI, ya.

  1. Mahal, ini berdasarkan pernyataan dari dompet saya. Dompet saya berkata kalau beli reel BC paling murah pun, harus keluar setidaknya 250 ribu. Sedangkan reel spinning biasa, ada yang harganya separuh dari itu.
  2. Kurang fleksibel kalau menggunakan umpan kecil. Misalnya nih, kamu pakai umpan udang mainan yang ukurannya cuma 1 gram. Sulit banget sumpah! Meskipun sudah kamu tambah timah pemberat. Kalau pakai spinning, jauh lebih gampang.
  3. Butuh teknik khusus. Nah, pada bagian ini akan saya bahas beberapa hal yang berpengaruh terhadap cast-nya. Termasuk cara agar longcast pakai BC, maka dari itu simak penjelasan dengan teliti. Jangan malas baca!


cara agar longcast pakai BC mudah

Cara Longcast dengan Piranti Baitcasting (BC)

Secara sederhana, longcast bisa diartikan sebagai melempar umpan jauh. Terutama untuk menggapai sudut di mana spot potensial ikan berkumpul.

Namun, perhatikan bahwa yang terpenting bukan longcast. Melainkan TEPAT atau tidaknya kamu melempar umpan tersebut.

Dekat tapi tepat sasaran akan lebih bagus daripada jauh tapi meleset, cuma lelah gulung benang doang.

1. Menggunakan Benang Kecil

ukuran benang PE untuk UL

Ini yang perlu kamu perhatikan. Ternyata, benang kecil berpengaruh terhadap longcast atau tidak. Semakin besar benang kamu, maka gesekan antara PE dengan ring joran semakin besar. Sehingga berpengaruh terhadap jarak lemparan, konsepnya seperti rem.

Ukuran yang disarankan untuk bermain UL atau ultralight serta XUL atau Xtra Ultralight adalah PE ukuran 0.6 – 0.8. Diameter PE tersebut kecil banget, bisa dipakai untuk alat sunat, soalnya tajam.

2. Pakai Umpan Besar

Cara agar longcast pakai BC selanjutnya adalah menggunakan umpan yang cukup berat. Ini sangat disarankan untuk kamu yang masih dalam tahap belajar. Soalnya akan jauh lebih mudah dalam menemukan rasa, alur, dan tempo yang tepat melempar.

Kalau tidak percaya, kamu bisa mencoba melakukan longcast pakai BC menggunakan umpan 2 gram dan 7 gram. Akan tampak sekali perbedaannya.

3. Setting Reel BC

Ada beberapa pengaturan untuk reel BC. Kamu bisa melihat lebih dulu bagian-bagian dari reel tersebut.

Yang terpenting diatur ada 2: spool tension knob dan brake (rem). Langkahnya begini:

  • Atur brake (rem) pada keadaan MINIMUM. Taruh ke angka 0 kalau magnetic, lepas semua rem kalau centrifugal.
  • Setting spool tension knob pada arah paling keras.
  • Buka thumb dan putar perlahan spool tension knob ke arah yang lebih lemah.
  • Lihat umpan jatuh, spool tension knob harus tetap diatur sampai umpan jatuh dan tidak menyebabkan backless atau benang ruwet.
  • Setelah aman (benang tidak ruwet), atur brake (rem) ke arah maksimum.

Mengatur rem ke maksimum akan berpengaruh ke longcast, jadi lemparan tidak akan jauh.

Tetapi, setidaknya kamu tidak mengalami BENANG RUWET.

4. Mengurangi Brake Bertahap

Nah, setelah itu tinggal mengurangi rem secara bertahap dan perlahan namun tetap memerhatikan benang. Jangan sampai PE kamu menjadi ruwet. Semakin dilepas rem, maka akan semakin jauh lemparannya. Sehingga tujuan dari cara agar longcast pakai BC bisa terwujud.

Untuk tambahan, kamu benar-benar disarankan untuk terus berlatih sampai menemukan rasa, alur, dan tempo saat melempar umpan (cast).

5. Memahami Semua tentang Baitcasting

Joran dengan karakteristik medium atau sekitar 7 – 20 lb kurang cocok menggunakan umpan di bawah 7 gram. Lebih cocok menggunakan joran lentur dengan kekuatan senar 1 – 5 lb. Sehingga lemparan bisa jauh (karena joran lentur).

Kelenturan joran berpengaruh dalam melempar, kalau waktu melempar tersebut titit kamu kaku atau tegang, tidak ada hubungannya.

Siapa pun yang tidak menyerah untuk terus belajar, mau tidak mau dia akan sukses mempelajarinya. Termasuk dalam belajar tentang baitcasting dari dasar. Itulah beberapa cara agar longcast pakai BC berdasarkan pengalaman saya, semoga membantu. //

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar