Umpan Ikan Nila Susah Makan di Spot Mancing Liar

Apakah Anda kebingungan mencari umpan ikan Nila susah makan di spot memancing liaran seperti sungai, danau, sumber, waduk, dan sebagainya? Maka sekarang Anda beruntung karena berada dalam artikel yang tepat.

Kami akan membahas bagaimana umpan ikan Nila tersebut menjadi jitu dan dilahap. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut ini. Namun sebelum itu, kami menyarankan supaya melihat 8 umpan Nila paling ampuh lebih dulu, karena pembahasan di sini berdasarkan pada umpan tersebut.

Solusi Umpan Ikan Nila Susah Makan Teruji

Umpan Ikan Nila Susah Makan di Spot Mancing Liar
Pertama-tama, perhatikan rangkaian pancing Anda. Gunakan rangkaian mata pancing tajam berdasarkan saran merek kail berikut. Nah, kalau piranti memancing Anda sudah sempurna combo, artinya tidak ada masalah. Lanjut pada campuran umpan yang digunakan untuk sasaran Nila.

1. Menambahkan Shampo atau Garam

Sebenarnya, supaya ikan Nila menjadi lahap, yang perlu dilakukan adalah menambah campuran pada umpan pada umumnya. Itulah rahasia para pemancing supaya tidak boncos! Dan campuran paling umum adalah sampo atau garam pada lumut kopyok. Tujuannya supaya lumut tersebut menjadi lebih halus.

Lumut halus lebih disukai ikan Nila daripada lumut biasa atau lawaran. Sedangkan porsi menambahkannya sedikit saja, untuk satu ember lumut gunakan satu sachet shampo merek sembarang (tapi jangan mint). Atau garam satu genggaman tangan.

Banyak atau tidaknya tambahan shampo atau garam pada lumut tersebut disesuaikan dengan kondisi. Itulah saran pertama untuk umpan ikan Nila susah makan yang paling sering digunakan para pemancing.

2. Celup ke Penyedap Makanan

Cara kedua jika Anda menggunakan umpan purba berupa cacing tanah. Baik cacing fosfor, sawah, maupun cacing merah dapat diterapkan. Caranya adalah memasukkan penyedap makanan ke gelas kosong, tambahkan air biasa sedikit saja, kemudian siapkan campuran tersebut di sebelah Anda.

Setelah memasang cacing di kail, celupkan ke dalam gelas berisi campuran penyedap makanan. Anda bebas menggunakan rasa sapi maupun ayam, tujuannya supaya ikan berkumpul terutama Nila. 

Jika menggunakan cara ini, kemungkinan yang makan umpan tidak hanya Nila, melainkan juga Wader, Tawes, hingga Lele, serta ikan Gabus. Nah, cara celup penyedap makanan untuk umpan mancing ini sudah terbukti lebih jitu dibanding tanpa dicelup. Ingin mencobanya?

3. Tambah Kroto ke Racikan

Sebenarnya, racikan umpan Nila seperti tempe dan tepung atau roti sudah sangat jitu. Namun jika masih belum mau makan ikannya, tambahkan kroto super atau anak semut rangrang. Hal ini untuk meningkatkan aroma dan tekstur racikan.

Apakah Anda belum tahu, bahwa ikan Nila dapat pula dipancing menggunakan rangkaian ombyok? Meski berbeda dengan ombyok dasaran sungai arus deras, rangkaian ombyok ikan Nila harus melayang menggunakan pelampung. Konsepnya seperti ombyok wader  ini.

4. Mengetahui Jam Makan dan Spot Terbaik

Seberapa tangguh dan jitu umpan untuk Nila yang Anda pakai, tidak ada hasilnya jika di spot memancing tersebut tidak ada ikannya kan? Begitu pula dengan jam makan ikan, Nila biasanya makan dengan jarak waktu sekitar jam-jaman. 

5. Melakukan Bom Sebelum Memancing

Cara ini juga dapat Anda gunakan supaya menunjang persentase perolehan ikan Nila. Melakukan bom umpan sebelum memancing caranya dengan menceburkan diri sambil membawa banyak lumut. Kemudian lumut tersebut diaduk hingga menyebar di spot yang akan dipancing.

Tunggu beberapa menit dan Anda dapat mulai memancing ikan Nila. Lihatlah hasil dan perbedaannya, cara ini lebih efektif digunakan pada sungai, sumber, atau galian pasir yang tanpa arus. Percuma melakukan bom umpan jika terdapat arusnya.

6. Menambah Essen Ikan Nila

Nah, jika Anda ingin cara yang lumayan instan. Cobalah menambah essen ikan nila pada umpan, baik pada lumut maupun racikan. Memakai essen terbukti sebagai umpan ikan Nila susah makan menjadi lahap dan cepat dapat.

Namun perhatikan bahwa terdapat banyak sekali jenis essen. Ada yang rasa buah, amis, dan sebagainya. Cobalah berkonsultasi dulu kepada penjual atau teman yang sudah berpengalaman. Mengingat harga essen tidak bisa dibilang murah. 

Itulah beberapa campuran umpan yang sudah terbukti jitu. Memancing ikan nila memang menyenangkan, apalagi ketika tarikan Nila babon sampai senar berbunyi. Ingin merasakan keseruan itu lagi? Maka cobalah campuran umpan ikan Nila susah makan di atas.

Tinggalkan Komentar

0 Comments