7 Jenis Kail Pancing Berdasarkan Bentuk Paling Populer

Ada ratusan jenis kail pancing berdasarkan bentuk yang paling populer dan terbaik digunakan. Hal-hal yang mempengaruhi penggunaan kail pancing adalah lokasi, sasaran ikan, umpan, dan sebagainya. Kail untuk memancing dasaran dengan casting pun juga beda.

Jenis Kail Pancing Paling Populer


Jenis Kail Pancing Berdasarkan Bentuk Populer

Berdasarkan bentuknya, kail pancing dibagi menjadi beberapa yang paling umum. Pasalnya, di seluruh dunia –seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya- jenis kail pancing ada ratusan. Namun di Indonesia, beberapa bentuk kail inilah yang sering dipakai supaya tidak boncos.

1. Bait Hook, Single Biasa

Bait Hook, Single Biasa

Kail pancing standar, beredar banyak sekali di pasaran. Anda dapat menemukan beragam merek kail pancing sesuai dengan keinginan. Setiap merek memiliki kualitas dan kekuatan yang tidak sama. 

2. Wide Gap Hook, Cocok untuk Udang

Wide Gap Hook, Cocok untuk Udang
Mempunyai bentuk membulat yang cukup besar, diameter jenis kail Gap Hook adalah yang paling tipis. Barangkai ikan atau udang galah tidak sadar telah memakan kail tersebut. Angkat perlahan supaya ikan maupun udang bisa mendarat di daratan.

3. Siwash Hook, Kail Panjang

Siwash Hook, Kail Panjang
Jenis kail pancing berdasarkan bentuk, Siwash Hook, nyaris sama dengan kail standar. Pasalnya, yang membedakan hanya bentuk ujung mata pancing serta panjang dari punggung kail. Biasanya digunakan untuk rangkaian ombyok pancing, karena memiliki harga yang cukup terjangkau.

4. Worm Hook, Spesialis Umpan Cacing

Worm Hook, Spesialis Umpan Cacing
Anda suka memancing menggunakan umpan cacing? Tentu memakai piranti yang sesuai termasuk kail Worm Hook sangat disarankan. Dengan menggunakan kail jenis ini, umpan cacing yang terpasang tidak akan turun, melusrut, atau melorot.

5. Treble Hook, Mata Tiga untuk Minnow

Treble Hook, Mata Tiga untuk Minnow
Siapa yang tidak kenal dengan jenis kail pancing berdasarkan bentuk yang gampang sekali ditebak ini. Mempunyai ciri berupa 3 mata kail yang terpasang pada satu punggung kail. Biasanya digunakan untuk minnow jenis sinking, maupun umpan tiruan lainnya. 

6. Double Hook, Kail Mata Dua

Double Hook, Kail Mata Dua
Double Hook (Kail Mata Dua) sering digunakan untuk umpan tiruan jenis soft lure, soft frog, dan sebagainya. Dengan penempatan yang tepat, Anda dapat menjangkau spot memancing walaupun terdapat banyak halangan dan rintangan semak belukar.

7. Round Jighead dan Jig Hook

Jig Hook

Round Jighead

Sering mempunyai ukuran kail yang besar, sebab sasaran dari kail Round Jighead adalah ikan-ikan arus bawah dengan mulut lebar. Kalau di Indonesia, sering diterapkan ketika memancing di laut atau danau yang cukup dalam.

Itulah beberapa jenis kail pancing yang dibedakan berdasarkan bentuknya. Anda dapat mencoba sesuai spot dan sasaran memancing, perhatikan pula umpan yang digunakan.

Tinggalkan Komentar

0 Comments