Jam Makan Ikan Gabus yang Efektif untuk Casting

Ikan gabus adalah ikan predator yang akan menyambar ikan kecil. Hal tersebut karena beberapa hal; mengganggu wilayah teritori, lapar, atau memang rakus. Karena hanya memiliki mulut lebar, tentu ikan gabus menyambar dengan mulutnya. Kalau punya tangan kekar, ikan kecil yang mengganggu wilayahnya bisa saja dijotosi.

Nah, cara memancing ikan gabus ini beragam. Kalau di daerah yang masih perawan bisa langsung pakai umpan seperti cacing, ikan kecil, daging ayam rebus, katak, dan lainnya. Selain memancing dengan umpan, bisa juga dengan memasang jebakan ikan sampai tajur semalaman.

Tetapi, yang kerap dilakukan adalah casting. Tidak semua waktu bisa dijadikan saat casting, ikan gabus memiliki jam tertentu untuk makan. Meski pada dasarnya setiap saat bisa saja memakannya. Agar lebih efektif dalam casting, perlu tahu kapan waktu paling pas dan tepat ikan gabus makan.

Setiap Hari pada Semua Waktu

Kalau Anda hidup seratus tahun lalu, saat populasi manusia belum banyak di muka bumi ini. Artinya, lingkungan masih lestari. Di sungai-sungai masih banyak ikan-ikan besar seperti gabus, Anda bisa mulai casting sepanjang waktu. Apapun itu, pasti akan dimakan. Namun di zaman sekarang, hanya pada rawa pedalaman hutan yang mempunyai potensi dimakan sepanjang waktu.

Seperti halnya di dalam hutan Kalimantan, Sumatra, maupun Jawa yang belum terjamah. Cobalah tanya di grup memancing, manakah spot ikan gabus yang masih banyak ikannya. Pasti tidak akan dikasih tahu.

Sebab Anda bisa dianggap sebagai orang yang suka menyetrum ikan, tukang obat, atau tukang kompor yang menyebarkan spot gabus terbaik menjadi tereksploitasi habis-habisan. Seorang castinger mesti menjelajah dan berpetualang, melakukannya bersama kenalan jauh lebih baik daripada sendiri.

Kalau sendiri, saat Anda terkena lintah hutan, kemudian kehabisan darah lalu mati. Tidak akan ada yang tahu. Hal serupa juga berlaku kalau Anda terkena ular beracun, dililit ular anakonda dan ditelan bulat-bulat, atau terkena setrum kuat belut listrik.

Dengan adanya teman di perjalanan tersebut, setidaknya ada yang membawa jasad Anda kalau Anda sudah tewas. Entah kehabisan darah karena lintah, terkena racun kobra, ditelan anakonda, dicabik buaya, atau gosong kena belut listrik. Atau setidaknya, walau jasad Anda tidak dapat dibawa, kabar tentang kematian Anda masih bisa diberitakan ke sanak keluarga.

Jam Makan Ikan Gabus Pagi Hari

Yah, pagi hari terlalu luas jangkauannya. Untuk lebih spesifik, saya definisikan pagi hari di sini sebagai waktu setelah subuh hingga sebelum pukul 10 pagi. Pada saat itu kemungkinan ikan gabus makan lebih besar.

Selain jam makan tersebut, spot memancing dan lure yang digunakan mesti diperhatikan pula. Ikan gabus lebih suka berada di pinggir sungai atau rawa daripada berada di tengahnya. Carilah spot yang sekiranya air lumayan keruh. Sebab air bening malah membuat ikan predator malu untuk menyambar umpan.

Alasan lain lure Anda seperti soft frog tidak dimakan adalah, niat ikan gabus sasaran sekadar untuk mengusir. Tidak untuk menyantap. Banyak kejadian yang demikian. Bahkan saat lure sudah berada di bawah kaki, ikan gabus hanya mengikuti saja.

Jam Makan Ikan Gabus Sore Hari

Siang lebih enak tidur, barangkali itulah yang berada dalam pikiran ikan gabus sasaran Anda. Sore hari setelah bangun tidur dan rebahan, ikan gabus akan mencari makan. Sore di sini antara pukul 3 sampai 6 sore. Melakukan casting gabus malam hari juga tidak apa-apa, namun usahakan Anda sudah hafal dengan spot tersebut.

Anda bisa memancing teknik casting mulai dari pagi hari. Kemudian istirahat pada siang hari, dan melanjutkan kembali di sore hari. Hal tersebut jauh lebih efektif baik waktu dan tenaga daripada mesti melakukan casting sepanjang hari tanpa henti.

Untuk sasaran ikan gabus liar mesti memerhatikan banyak hal. Berbeda dengan hampala atau masheer, yang bisa dicasting kapan saja. Ikan arus deras lebih jarang tidur, jarang malas, maka dari itu kalau ingin casting sepanjang hari cari saja hampala atau anakan GT di pantai.

Satu hal lagi, kalau di sungai daerah Anda, yang semula banyak sekali ikan gabus. Tetapi saat dipancing maupun casting tidak pernah mengangkat satu pun. Perhatikan sungai tersebut, apakah ada pencari ikan pakai listrik/setrum, obat, atau peledak? Kalau ada, itulah alasan utama ikan-ikan berkurang jumlahnya dengan gila-gilaan!

Jam Makan Ikan Gabus yang Efektif untuk Casting

Tinggalkan Komentar

0 Comments