Umpan Rangkaian Ombyok Jitu di Brantas Sasaran Bader Abang

Setiap umpan jitu memiliki target ikan tertentu. Begitu pula untuk setiap teknik, rangkaian, dan spot memancing. Maka dari itu, banyak ragam umpan bahkan untuk satu jenis ikan. Wader bisa dipancing pakai cacing merah kecil, bisa juga pakai tempe dan tepung.

Sedangkan untuk ikan purba seperti bader abang ini banyak pula jenis umpan. Salah satu yang paling sering digunakan adalah tempe dan roti. Di daerah Blitar dan Tulungagung disebut sebagai umpan getuk.

Keuntungan Pakai Umpan Getuk Bader Abang

Banyak manfaat yang dapat Anda perolehkan menggunakan umpan jitu untuk rangkaian ombyok sasaran bader abang. Ikan jenis ini bisa dipancing menggunakan umpan usus segar, usus busuk, rumput gajah, sampai dengan jeroan patin.

1. Racikan tempe dan roti tawar (getuk) tidak meninggalkan bau seperti umpan bangkai. Contoh umpan bangkai adalah usus busuk, ayam tiren, atau cacing yang amis sekali. Umpan getuk cocok bagi Anda yang gampang jijik terhadap sesuatu yang meninggalkan aroma tidak sedap menyengat.

2. Dapat digunakan dalam segala medan spot memancing adalah keuntungan berikutnya. Sebab rangkaian ombyok yang dipasang umpan racikan tempe dan roti tawar ini cocok untuk sungai arus deras maupun tenang. Di arus deras sungai Brantas tidak akan hancur, di arus tenang tidak ada kendala.

3. Bahan racikan mudah didapatkan. Pergi saja ke warung, membeli tempe, roti tawar, dan telur yang paling murah. Itu adalah standar bahan untuk membuat umpan jitu ini. Bahan-bahan bisa dimodifikasi menjadi lebih hebat dan jitu lagi.

4. Cara pemasangan gampang di rangkaian ombyok. Anda dapat menggunakan enam sampai sepuluh mata kail sekaligus. Belilah kail sebungkus isi 100 buah agar lebih ekonomis. Sebab kalau beli yang bagus, terus nyangkut di batu atau rumput dasar sungai Brantas lantas putus, akan rugi banyak.

5. Fleksibel dapat digunakan berkali-kali, untuk berbagai teknik, dan spot memancing. Jika umpan Anda masih sisa masih bisa dipakai untuk memancing besok lagi. Teknik dasaran adalah yang paling sering menggunakan umpan ini, tetapi tidak menutup kemungkinan pakai teknik ambangan dengan pelampung di spot arus tenang.

Melihat betapa mudah dan efisien umpan jitu getuk ini, pasti sudah tidak sabar bagaimana cara meraciknya serta hal-hal lain yang mesti diperhatikan. Untuk itu, Anda bisa merasa tenang karena semua informasi tersebut akan disampaikan segera di sini.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Pakai Umpan Jitu Getuk

Banyak orang sembarangan menggunakan umpan ini, termasuk pada model rangkaian ombyoknya. Ada yang menggunakan tutup botol, tutup parfum, wadah bekas jelly, tutup Topi Miring, dan sebagainya.

1. Perhatikan adonan umpan, jangan terlalu lembek dan jangan terlalu keras. Kira-kira tekstur yang cocok adalah seperti payudara. Jika Anda belum pernah memegangnya, maka bayangkan saja. Yang penting jangan terlalu keras.

2. Cara agar pas adalah dengan menggunakan sebungkus saja roti tawar untuk dua balok tempe segar. Modifikasi lain dari tempe segar bisa diganti dengan tempe busuk agar aroma menyengat. Berhubung saya tidak suka aroma tempe busuk, menggunakan tempe segar sudah cukup jitu.

3. Mengecek umpan tidak perlu dilakukan terlalu sering. Meski Anda memancing di Brantas dengan arus deras, umpan tidak akan hancur dengan mudah. Maka jangan keseringan menggulung karena suara klintingan bisa mengganggu pemancing lain.

4. Menggunakan umpan terlalu banyak adalah hal yang ceroboh. Banyak kerugian jika pakai umpan banyak sekali. Misalnya saja kail-kail Anda tenggelam ke dalam umpan, sehingga ikan yang mestinya memakan kail malah memakan umpan dulu dan membutuhkan waktu lebih lama sebelum hook up.

5. Terlalu besar tutup rangkaian ombyoknya juga tidak disarankan. Jika menggunakan tutup botol air mineral, potong separuhnya. Tutup rangkaian tidak perlu besar-besar, lebarnya sebesar umpan yang digunakan. 

Cara Meracik Umpan Jitu Bader Abang Sungai Brantas

Umpan Rangkaian Ombyok Jitu di Brantas Sasaran Bader Abang
Dokumen pribadi
Setelah bahan-bahan disiapkan, mulai dari bahan tempe, roti tawar, telur, bawang putih, dan penyedap masakan. Maka ikuti langkah-langkah di bawah ini. Kita tidak sedang membuat tempe goreng, melainkan umpan memancing yang jitu.

1. Haluskan tempe hingga halus benar. Pilihlah tempe yang tidak kering. Tempe kering akan membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga agar menjadi halus sekali. Pakailah ulekan dari batu, jangan diblender karena akan sia-sia. Haluskan sampai seperti bubur tempe.

2. Pecahkan satu butir telur dan taruh di atas adonan tempe yang sudah halus tadi. Jangan dicampur dulu sebab masih butuh bahan lainnya. Telur yang digunakan utuh, mulai dari bagian kuning sampai putihnya. Tapi buang kerak telurnya.

3. Haluskan roti tawar dengan kedua tangan. Caranya adalah dengan mengambil dua atau tiga roti tawar, setelah itu taruh di telapak tangan Anda. Gosok kedua telapak tangan sampai roti tawar hancur jadi remah-remah yang kecil-kecil. Remah-remah ini kemudian dicampur ke atas adonan tempe dan telur.

4. Hancurkan bawang butir satu sampai tiga siung sampai halus. Lantas letakkan di atas campuran adonan yang tadi. Setelah itu bumbui dengan penyedap makanan Royco atau Masako, seperempat saja. Jangan banyak-banyak.

5. Setelah semua siap, aduk adonan tersebut menggunakan plastik. Pastikan semua komposisi dan perbandingan antar bahan pas tidak berlebihan. Aduk terus pakai tangan hingga menjadi umpan yang mempunyai tekstur seperti payudara tadi.

Langkah-langkah mencampur umpan jitu getuk ini sebenarnya bermacam-macam. Anda bisa memasukkan remah-remah roti tawar secara bertahap satu persatu agar tidak terlalu keras adonannya. Namun kalau sudah terbiasa dan paham akan komposisi, bisa mengikuti langkah di atas tadi supaya tidak mindo baleni.

Modifikasi Umpan Jitu Bader Abang Sungai Brantas

Selain umpan dasar dengan komposisi dan bahan standar, Anda bisa mengganti atau menambah bahan lain hingga menjadi umpan ombyok baru lebih jitu. Misalnya mengganti bahan tempe segar menjadi tempe busuk, menambah pakan ayam 511, menambah pelet ikan gurami yang punya aroma menyengat, dan sebagainya.

Umpan Rangkaian Ombyok Jitu di Brantas Sasaran Bader Abang
Dokumen pribadi
Umpan ini cocok digunakan pada sungai Brantas terutama setelah hujan dan air sudah surut. Carilah tempat yang teduh untuk menunggu klintingan berbunyi sambil rokokkan santai. Selamat mencoba.
//

Bonus:
Umpan Rangkaian Ombyok Jitu di Brantas Sasaran Bader Abang
Dokumen pribadi

Tinggalkan Komentar

0 Comments