Memancing adalah Hobi yang Murah? Yang Benar Saja!

Memancing ikan di selokan, sungai, kolam tetangga, maupun laut memerlukan uang. Kita hidup di zaman di mana joran dari bambu tidak lagi tenar. Joran dari tulang daun salak tidak lagi kondang. Semuanya berbayar dan mesti ditebus dengan uang.

Joran adalah alat pancing yang pertama kali dicari. Anda bisa saja memancing tanpa joran, tetapi masih membutuhkan senar dan kail. Itu pun juga berbayar. Apalagi kalau hendak memakai joran yang lumayan berkelas.

Memancing adalah hobi yang murah seloki

Pertanyaannya ini: Anda membeli joran atau gengsi? Jawablah dengan refleksi diri.

Meski demikian, saya tidak memungkiri bahwa telah habis sekian juta untuk alat-alat pancing itu. Dengan hasil nihil dari ikan tangkapan. Perangkat mancing yang tinggi tanpa dibarengi dengan lingkungan perairan yang terawat, membuat jenis-jenis ikan berkurang drastis. Bahkan dalam kondisi paling kritis ini, ikan-ikan tidak dapat hidup sampai berukuran besar.

Masih ukuran kecil saja sudah dipancing dan dibawa pulang, atau malah disetrum dan diobat. Dua hal belakangan sungguh menjijikan. Jika Anda mencari ikan, janganlah menggunakan setrum, obat, maupun bom. Senang sebentar hancur lebur selamanya.

Joran

Joran pancing memiliki harga yang beragam. Harga tersebut dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari merek, panjang, bahan, maupun fungsi dan kegunaannya. Joran yang memiliki kualitas baik, namun mereknya jarang dikenal, harganya bisa cukup ekonomis.

Memancing adalah hobi yang murah seloki


Semakin panjang joran, maka harganya juga semakin mahal. Khususnya dalam urusan joran tegek dan antena (teleskopik). Sedangkan untuk bahan, kita mengenal beberapa jenis. Mulai dari fiber, karbon, sampai komposit gabungan antara fiber dan karbon.

Joran dengan bahan fiber akan lebih murah dibanding karbon. Ambil saja contoh joran tegek yang bahan murni karbon, akan terasa jauh lebih ringan dibanding fiber. Tingkat kelenturan (action) pun juga akan berbeda. Memang bahan berkualitas baik memiliki harga yang lumayan juga.

Sedangkan untuk fungsi mewakili semua unsur. Joran untuk bermain dasaran di Sungai Brantas akan berbeda harga dengan joran baitcasting atau jigging. Fungsi joran berbeda-beda tergantung teknik memainkannya.

Anda akan mendapat kesialan jika menggunakan joran wader untuk memancing pasiran atau karang. Sebab fungsi joran wader sama sekali tidak diperuntukkan memancing teknik pasiran. Untuk teknik pasiran dan tebing atau karang terdapat joran khusus yang harganya tidak murah.

Masih soal joran, dari harga termurahnya mulai 20.000 rupiah dengan bahan pembuat adalah fiber. Hingga harga termahal menggunakan bahan karbon murni terbaik yang bisa sampai jutaan rupiah.

Sebesar itu nilai guna menebus joran saja. Belum hal-hal lain yang akan dibahas dalam tulisan ini. Jadi, pikirkan kembali common sense yang menganggap bahwa memancing adalah hobi yang murah.

Senar (Line)

Senar pun ada yang murah. Anda bisa membeli senar dengan harga 1000 rupiah dengan konsekuensi putus saat mendapat ikan. Senar dalam memancing terdapat banyak jenis dan kegunaannya. Terkait harganya pun juga beragam. 

Memancing adalah hobi yang murah seloki

Saran saya, gunakan senar dengan kualitas baik yang kuat dan berdiameter kecil. Tujuannya agar mudah turun ke air, tidak mudah melar, tidak gampang kusut, serta tidak mudah putus. Meski dengan konsekuensi mengeluarkan uang yang lebih untuk senar tersebut.

Dibanding dengan joran, senar jauh lebih murah. Cukup dengan uang di bawah 100.000 rupiah, Anda sudah mendapatkan senar kualitas baik. Perhatikan juga tempat memancing serta diameter senar yang akan digunakan. Ikan sasaran juga mempengaruhi dalam pemilihan senar ini.

Kail

Kail menjadi ujung dari perangkat memancing. Kail ini juga membutuhkan kualitas yang baik. Jangan menggunakan kail yang tumpul karena akan mudah mocel (ikan lepas). Kail yang baik bisa diketahui dari merek dan harga.

Memancing adalah hobi yang murah seloki

Tidak ada salahnya menyisihkan uang yang lebih untuk mendapatkan kail yang berkualitas. Tetapi harus dibarengi juga dengan senar yang kuat. Jika Anda menggunakan kail terbaik tetapi pakai senar biasa, kalau putus senarnya cuma menghambur-hamburkan kail tersebut.

Harga untuk kail ini ada yang 10.000 rupiah dengan isi 100 buah. Itulah yang paling ekonomis. Namun ada pula dengan harga puluhan ribu dan hanya berisi selusin. Tentukan pilihan Anda terkait kail. Sesuaikan besarnya dengan benar supaya ikan mudah tersangkut.

Tas Pancing

Seperangkat alat pancing tersebut membutuhkan wadah khusus yang disebut sebagai tas pancing. Jenis dari tas pancing pun ada banyak. Tas pancing berbentuk lurus tanpa lekukan dikhususkan untuk menyimpan alat pancing joran tegek. Sedangkan yang ada lekukan setengah lingkaran untuk menyimpan alat pancing joran dan reel.


Harga dari tas pancing mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Tergantung seberapa penting barang ini Anda anggap. Tas pancing dapat ditiadakan asallkan Anda mau ribet ke mana-mana membawa alat pancing.

Alat Mancing Lainnya

Yang paling menguras uang secara brutal dan masif adalah membeli alat pancing lainnya ini. Alat-alat berikut perlu adanya guna menunjang mendapatkan ikan. Tanpa alat-alat pancing pendukung, Anda akan kesusahan serta kemungkinan besar boncos.

Memancing adalah hobi yang murah seloki


1. Timah,
2. Kili-kili,
3. Stopper,
4. Pelampung,
5. Starled untuk memancing di malam hari,
6. Kancing,
7. Rangkaian,
8. Gabus tempat rangkaian,
9. Keramba tempat ikan,
10. Tang pancing,
11. Gulungan senar,
12. Pengait senar tegek,
13. Umpan memancing,
14. Ring,
15. Jaring,
16. Dan masih banyak lainnya.

Intinya, jika hendak belanja alat pancing akan berlaku dua hal di bawah ini.

1. Membawa uang paling sedikit akan kurang.2. Membawa uang paling banyak akan habis.

Jika dikalkulasi semuanya, Anda akan menghabiskan ratusan sampai jutaan rupiah untuk mendapatkan seperangkat alat mancing lengkap dengan kualitas bagus. Itu masih 1 perangkat saja, sebab pada umumnya, seorang pemancing akan memakai beberapa perangkat sekaligus. Tinggal dikalikan saja.

Agar Hemat Pengeluaran

Namun jangan khawatir, angka yang mencapai jutaan tersebut dapat ditekan sedemikian rupa hingga sangat ekonomis. Inilah beberapa kiat dalam menekan pengeluaran belanja alat pancing supaya tidak habis banyak.

1. Cari alat pancing bekas saja. Cara mencarinya tidak sulit, Anda cukup scroll down marketplace media sosial, melihat tawaran di grup-grup para pemancing, atau membeli perangkat mancing dari teman yang butuh uang. Bagaimana pun harga alat pancing bekas pasti lebih murah dibanding yang baru.

2. Mengajak teman saat memancing juga sangat membantu. Anda bisa hemat uang bensin, air mineral, kail, timah, kili-kili, pelampung, senar, bahkan umpan. Asal Anda tidak punya malu meminta semua alat-alat di atas kepada teman Anda.

3. Menggunakan teknik tradisional untuk memancing di sungai kecil. Yakni memakai joran dari bambu, senar dari benang jahit, timah dari batu hitam, serta kail dari kancing baju. Dijamin sampai kiamat Anda tidak akan mendapat ikan. Kecuali lingkungan sungai diperbaiki dan dipelihara.

4. Melakukan barter barang tertentu dengan alat pancing. Misalkan Anda menukarkan HP tidak terpakai, kulkas, televisi, atau ginjal Anda untuk menebus alat pancing idaman.

5. Menggunakan tas pancing dari tas biasa, atau yang lebih ekstrim diikat pakai tali ravia saja.

6. Memilih pakai reel (penggulung senar) dari potongan paralon. Harganya jauh lebih ekonomis dari reel pancing spinning.

7. Menjadi anak pemilik pabrik alat pancing.

Kesimpulannya, memancing bisa menjadi hobi yang murah meriah. Asal telaten menggunakan alat yang malah menyulitkan dalam proses memancing ikan. Bisa juga menjadi hobi yang benar-benar menghabiskan uang serta tabungan, meski kebanyakan memang demikian. //

Tinggalkan Komentar

0 Comments