Tips Memilih Rangkaian Pancing yang Tepat

Terdapat beberapa rangkaian pancing yang umum dipakai para pemancing. Rangkaian ini menjadi ujung tombak yang berhubungan langsung dengan ikan target. Terutama moncongnya. Dengan rangkaian yang tepat, maka persentase mendapat ikan sampai mementaskannya semakin besar (tidak mocel)

Mocel adalah keadaan di mana ikan yang sudah terkail tiba-tiba lepas sebelum sampai permukaan. Ini bisa menjadi alasan galau paling brilian, apalagi Anda sebagai pemancing telah menunggu sekian jam untuk mendapat ikan di bawah terik sinar matahari sendirian.

Inilah beberapa macam rangkaian pancing. Gunakan sesuai kebutuhan, jitu dalam memilih tempat, serta ikan target.

Rangkaian dasaran atau glosor. 

Rangkaian ini tidak menggunakan pelampung. Alat-alat pancing yang mesti disiapkan adalah senar (leader), timah, kili-kili, peniti, dan kail. Ada dua jenis rangkaian dasaran atau glosor dalam memancing, yaitu rangkaian dasaran atau glosor dengan timah bawah dan rangkaian dasar atau glosor dengan timah atas.

Rangkaian pelampung

Rangkaian kedua ini berbeda dengan glosor, nanti umpan Anda akan mengapung di tengah-tengah. Rangkaian model ini sangat efektif digunakan untuk danau atau sungai arus tenang. Yang penting dalam penggunaan rangkaian pelampung ini, Anda mesti tahu seberapa dalam sungai tempat memancingnya.

Rangkaian kail

Khusus untuk rangkaian kail, ada sangat banyak jenis. Mulai dari rangkaian seri, paralel, tergantung kondisi dan ikan sasaran. Sebagai contoh, Anda akan menggunakan umpan berupa usus ayam, maka perlu dua mata kail pada satu senar (leader) pada sisi atas dan bawah yang bertujuan agar usus ayam tetap lurus (tidak melorot).

Rangkaian pokok mancing

Untuk rangkaian satu ini, Anda bebas memutuskan hendak dipasang bagaimana. Macam rangkaian pancing yang sering dipakai teman saya adalah ini, rangkaian pokok mancing. Dia memasang pelampung dan pada saat yang bersamaan menggunakan timah yang besar sekali. Otomatis pelampungnya langsung tenggelam. Katanya, dia pakai pelampung cuma biar senarnya kelihatan saja.

Pembahasan rangkaian favorit saat ini

Saya sendiri sering menggunakan rangkaian dasaran saat memancing (glosor). Itu selera pribadi, meskipun menggunakan rangkaian pelampung pun bisa mendapat ikan yang banyak. Dua jenis rangkaian dasaran meliputi timah atas dan bawah.

Untuk timah atas:
1. Cocok untuk arus air yang besar, sehingga umpan cacing terangkat arus menjadi seakan-akan hidup
2. Kasih jarak setidaknya dua jengkal antara timah dengan kail, ini biar umpan Anda bisa terangkat sedikit dari dasar sungai
3. Menggunakan umpan yang tidak gampang hancur, seperti cacing, jekutru, usus ayam, usus patin. Jangan pakai hati karena mudah hancur.

Untuk keadaan tertentu, rangkaian timah atas bisa menggunakan timah kecil saja. Misalnya ketika Anda menggunakan joran tegek dengan arus air sedang dan pakai umpan cacing, larva, jekutru, dll. Sasarannya kebanyakan ganting, nilem, wader, dan sebagainya.

Untuk timah bawah:
1. Cocok untuk sungai yang berarus besar, sedang, maupun tenang (segala kondisi)
2. Harus menggunakan timah besar agar sambaran ikan dapat terlihat jelas dengan mengencangkan senar (senar e kenting)
3. Dapat dipasang berapapun kail yakni memakai simpul T atau kili-kili 3 arah

Rangkaian memancing dasaran timah bawah menjadi favorit banyak orang. Terkhusus untuk pemancing dengan menggunakan penggulung senar (reel). Hal ini akan sangat memudahkan, sebab umpan yang dipasang ada banyak jumlah dan tidak berada di dasar sungai.

Terlepas dari rangkaian apa yang sering dipakai kebanyakan orang, Anda tentu bisa melakukan eksperimen dengan menggabungkan rangkaian menjadi rangkaian pokok mancing. Misalnya, menggunakan rangkaian timah bawah dengan 3 kail (pakai simpul T) digabungkan pakai pelampung. Otomatis ukuran timah harus menyesuaikan besarnya pelampung.

Jangan terlalu bingung dalam memilih jenis rangkaian memancing ini. Asal Anda memancing di tempat yang ada ikannya, dengan rangkaian model bagaimana juga kemungkinan selalu mendapat ikan. Tetapi, jika pakai rangkaian yang tepat, umpan yang mendukung, dan suasana hati yang bagus, akan menghasilkan ikan lebih banyak.

Oya,saya pesan, kalau di tempat Anda sudah ada rambu dilarang menyetrum ikan, kemudian Anda lihat ada yang masih ngeyel, tolong tangkap orang itu dan kencingi ramai-ramai. //

Tips Memilih Rangkaian Pancing yang Tepat
Image by ZeeNBee from Pixabay

Tinggalkan Komentar

4 Comments

  1. Replies
    1. Yup. Boncos adalah kita. Boncos mengajarkan bagaimana memaki sebelum datang kekecewaan. Boncos terus-menerus bisa mengakibatkan kecanduan, sakit mental, dan bunuh diri.

      Delete
  2. Sakit semua sekujur badan. Mulai kaki yang pegal-pegal hingga hati yang gatal-gatal sampai mengakibatkan jual alat pancing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk beli alat pancing baru wkwkwk jangan lupakan itu

      Delete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)