Joran Wader atau Jeujeur Beunteur Super Lentur Khas Indonesia

Memancing ikan wader, disebut juga sebagai Micro Fishing untuk alibi anti boncos. Tidak hanya di Indonesia, ikan wader tersebar di seluruh dunia. Di Jepang, di dapur rekaman jav, di sungai taman margasatwa kota, di mana-mana. Tentunya dengan penamaan yang berbeda-beda.

Sebagai sebuah pendapat, saya pikir istilah Micro Fishing tidak perlu dipakai di Indonesia. Orang-orang, menjadikan Micro Fishing sebagai memancing ikan seperti pada umumnya. Tidak untuk dipelihara lagi atau mengagumi keindahan spesies ikan tersebut. 

Memancing dilakukan hanya untuk memancing, mencari ikan. Sebanyak-banyaknya! Tidak peduli generasi selanjutnya, atau, setidaknya tidak peduli seminggu ke depan. Pengambilan yang besar-besaran tanpa tindakan pelepasan bibit secara rutin, hanya memaksa ikan untuk kawin dan beranak banyak sekali biar dapat dipancingi lagi.

Joran Wader atau Jeujeur Beunteur Super Lentur Khas Indonesia
Dokumen pribadi

Spesifikasi Joran Wader atau Jeujeur Beunteur Super Lentur

1. Bahan fiber solid.
2. Sambung 3.
3. Super lentur.
4. 0, sekian lbs. Belum ada umpannya saja sudah melur!
5. p. 170 sentimeter.
6. Pahul pancing kayu dapat dilepas.
7. BUKAN ring Fuji. Mungkin ring dari senar gitar, atau kawat kecil lain.
8. Bisa dipasang reelseat.
9. Diameter pangkal fiber 3 milimeter, diameter ujung fiber 0.4 milimeter.

Seperti yang Anda lihat. Tidak ada bedanya antara joran wader ini dengan joran lainnya selain tingkat kelenturan. Anda tidak akan mendapat kelenturan seperti ini baik pada tegek carbon maupun fiber. Sebab memang joran ini dikhususkan mendapat ikan kecil seperti wader, uceng, anak lele, dan anak hiu.

Manfaat Pakai Joran Wader (Jeujeur Beunteur) Super Lentur

1. Mendapat sensasi tarikan ikan kecil seperi hiu. Semakin lentur joran Anda, maka tarikan ikan semakin terasa. Karena memancing ikan besar selalu boncos, memancing ikan kecil yang berada di pinggiran sungai bisa menjadi alibi. Kemungkinan selalu dapat dapat ikan, tidak pulang dalam keadaan boncos berlebih.

2. Tidak gampang mocel. Karena joran lentur, tanpa ditarik pun kail sudah menancap pada mulut ikan. Anda cukup menarik perlahan agar mulut ikan kecil tersebut tidak sobek dan senar yang lembut itu tidak putus.

3. Mudah dibawa. Joran pancing di atas memiliki panjang 170 sentimeter dengan bilah 3 sambungan. Sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Dapat dimasukkan dalam tas tegek atau pun dibawa seperti biasa. 

4. Ringan adalah suatu keharusan. Jika joran untuk memancing ikan kecil, beratnya melebihi ikan tersebut, maka tidak akan terasa mantab. Joran ini dibuat tidak panjang, sangat lentur, dan tipis. Sehingga ringan untuk dipegang berlama-lama. Anda dapat mengganti gagang (pahul pancing)  dengan bentuk lain, bentuk kontil misalnya.

5. Murah? Tidak, joran ini mahal. Setidaknya untuk saya.

Itulah beberapa spesifikasi dan manfaat menggunakan joran wader. Jika tujuan Anda memancing wader bukan sensasi tarikan, maka tidak perlu keluar duit banyak guna menebus joran ini. Pakai saja joran tegek yang lumayan oke seperti Sabpolo Special 180-270. 

Tidak akan banyak, bahkan tidak ada, memancing wader yang dikhususkan sebagai ikan hias di aquascape. Pemancing ikan wader juga  akan menggoreng ikan tersebut, memberikannya untuk unggas atau hewan PELI HARAAN. Maka dari itu, istilah Micro Fishing tidak perlu dipakai lagi.

Selain itu, ekosistem sungai terutama di daerah saya, Blitar, tidak baik-baik amat. Sungai sawah di Blitar Barat ini menjadi langganan PLN. Sedangkan untuk sungai yang agak besar jadi langganan Spiderman dan Tukang Buang Sampah Sembarangan.


Tinggalkan Komentar

0 Comments