5 Hal Penting dan Tidak Penting dalam Memancing

Sebenarnya, apa yang penting dalam memancing di sungai? Apakah joran? Atau teman memancing?

Pada kesempatan kali ini, akan saya utarakan opini terkait hal penting dalam memancing. Anda tidak perlu khawatir dalam proses memancing, ingatlah opini ini dan hiduplah lebih baik lagi. Penting di sini akan didefiniskan sebagai sesuatu yang harus ada dan terpenuhi.

1. Joran bukan sesuatu yang penting.
Joran pancing memang dibutuhkan, tetapi bukan sesuatu yang penting. Apalagi joran yang memiliki merek terkenal dengan harga selangit. Tidak! Jika Anda hendak memancing ikan wader di sungai, memakai joran tegek Daiwa 540 atau Shimano 540 tidak akan ada gunanya.

Untuk ikan wader, gunakan joran biasa dengan maksimal panjang 360. Terkait panjang, sebenarnya tergantung tempatnya, namun wajarnya tidak akan lebih panjang dari 450. Alangkah lebih baik memakai joran khusus wader yang sangat lentur sekali, atau bisa tegek fiber action low. Supaya tarikan ikan kecil terasa mantab sekali.

Ikan wader bukan jenis ikan yang berada di tengah. Dia menyambar umpan yang sedang melayang atau jatuh ke dasar.

Saya sendiri tidak jarang memancing di Sungai Brantas yang luas itu, dengan arus besar itu, hanya memakai joran tegek sepanjang 210. Bukan masalah! Sebab ikan target adalah wader. Berbeda lagi jika hendak menjadikan ikan patin, ganting, atau nilem sebagai sasaran.

2. Senar adalah sesuatu yang penting.
Senar dengan kualitas baik sangat dibutuhkan. Kualitas baik bukan berarti berdiameter besar. Semakin kecil ukuran diameter dan senar kuat, akan semakin mantab. Gunakan senar yang tidak mudah kusut!

Kebanyakan kesalahan para pemancing adalah menggunakan senar bekas yang sudah tidak jelas lagi bentuknya. Kerinting mirip jembuuutttt. Jangan! Buang senar itu, beli senar baru yang mulus dan kuat, cari yang lentur dan tidak mudah kusut. 

Hal tersebut dimaksudkan agar, jika umpan dimakan ikan, pemancing dapat menarik ikan dengan maksimal. Artinya kemungkinan ikan mocel hampir tidak ada. Senar yang kusut atau jelek sering putus dan membuat ikan lepas. Kasian ikannya, kail masih di mulut.

3. Kail adalah sesuatu yang terpenting.
Garda depan penangkap ikan untuk pemancing adalah kailnya. Menggunakan kail yang sudah tumpul hanya akan menyia-nyiakan waktu saja. Gunakan kail yang baik, yang masih tajam, dan kualitas bagus. 

Jika kebingungan untuk memilih kail, akan saya beri saran. Harga kail benar-benar mempengaruhi kualitas, ada yang sebungkus 3000 rupiah, ada yang sebungkus 30.000 rupiah. Kualitas dari kail seharga 3000 tidak akan sama dengan 30.000.

Get it!

4. Umpan adalah ujung tombak.
Sesuatu yang tidak boleh dikesampingkan selain kail adalah umpannya. Memilih umpan artinya Anda juga sedang memilih ikan sasaran. Tidak mungkin memancing lele menggunakan lumut. Begitu pula tidak akan memancing sapu-sapu pakai jeroan usus. 

Perhatikan umpan dan ikan sasaran Anda. Jika bingung dalam memilih umpan, pakailah umpan sejak zaman purrba: cacing.

Anda bisa juga memodifikasi umpan supaya memperbesar peluang dimakan ikan dengan cepat. Sebagai contohnya, memodifikasi umpan usus ayam dengan cara membusukkannya lebih dulu. Atau mencampur lumut menggunakan garam dan sedikit essen.

Hal Penting dalam Memancing
Image by Lorri Lang from Pixabay
5. Teman mancing bisa jadi penting bisa tidak.
Khusus untuk hal terakhir ini, teman memancing, bisa menjadi penting atau sebaliknya. Menjadi penting jika teman yang Anda ajak memancing tersebut memberikan informasi terkait tempat memancing, umpan jitu, isu-isu terkini permancingan, atau setidaknya rokok Surya 12.

Menjadi sangat tidak penting jika terkena sinar matahari sebentar saja sudah rewel.

Penting atau tidak penting memang penilaian pribadi semata. Satu lagi saran terkait hal penting dan tidak dalam memancing, yaitu tujuan. Jika tujuan Anda untuk menghilangkan stres karena di rumah, maka jangan kesal jika boncos. Nanti stresnya bisa berevolusi jadi gila. //

Tinggalkan Komentar

0 Comments