Rekomendasi Joran Pancing di Sungai

Joran menjadi barang penting dalam proses memancing. Meski pada beberapa kasus, joran tidak dibutuhkan sama sekali. Untuk di sungai, khususnya di daerah saya, joran tetap dipakai. Banyak yang menggunakan joran yang bervariasi. 

Setiap penggunaan joran terdapat alasannya. Misalnya joran dengan beban umpan besar pasti akan kaku sekali. Joran model begini tidak akan cocok digunakan di sungai. 

Perhatikan luas sungai yang hendak dipancing itu. Jika luasnya sekadar 3-10 meter maka gunakan tegek saja. Tegek merupakan joran paling umum dipakai di sungai, baik di sungai tanpa arus maupun sungai arus deras.

Evisiensi tegek sudah tidak perlu dipertanyakan. Banyak ukuran joran tegek yang dapat Anda jadikan rekomendasi pancing. Mulai dari 180, 240, 270, 300, 360, 450, hingga 700 sentimeter. 

Setiap jenis joran tegek dibedakan berdasarkan action. Untuk memancing di sungai, yang notabene tidak akan dihuni paus, action medium-hard adalah yang paling fleksibel. Tidak perlu action hard karena akan menambah berat joran tegek.

Setelah memperhatikan lebar sungai, kuatnya arus, serta ikan sasaran, rekomendasi joran tegek yang sangat ringan adalah solusi terbaik. Dan untuk panjang joran tegek di sungai ukuran demikian antara 240-450 sudah cukup.

Rekomendasi Joran Pancing di Sungai
Image by Free-Photos from Pixabay

Tinggalkan Komentar

0 Comments