Trik Mencegah Pencopet di Bus Malam Saat Tidur

Artikel ini mungkin akan berguna bagi Anda yang sering bepergian lumayan jauh. Terutama yang menggunakan angkutan bus malam. Copet sudah menjadi momok yang dikhawatirkan. Perihal angkutan bus, tak ada salahnya sebagai penumpangnya, untuk tahu bagaimana cara mencegah terjadinya pencopetan di bus malam.

Sebab dalam beberapa keadaan, orang yang belum terbiasa melakukan perjalanan jauh sering kelelahan. Kemudian tanpa sadar tidur. Lakukan pencegahan pencopetan dalam bus saat tidur agar, ketika bangun tidak mendapati sesuatu berkurang dari Anda.

1. Memeluk tas adalah cara pertamanya. Anda bisa mulai dengan memejamkan mata sambil memeluk tas atau ransel. Daripada memeluk keinginan agar dia ikut dalam perjalanan tetapi malah disibukkan oleh pekerjaan.

2. Memakaikan tas pelindung hujan adalah cara keduanya. Anda jangan salah kira, memasang jas hujan pada tas di dalam bus atau dalam keramaian, meski cuaca sedang terang benderang, bukan sesuatu yang salah. Tidak perlu menertawai orang yang melakukan hal tersebut, sebab orang itu barangkali sedang mengantisipasi terjadinya pencopetan. 

Semakin kompleks cara membuka ritsleting maka semakin kecil kemungkinan terjadi pencopetan, termasuk memakaikan tas pelindung hujan. Sekarang, kebanyakan tas dilengkapi dengan jas hujan. Para pencopet untuk melakukan pencopetan akan berpikir dua kali jika sasarannya melakukan hal tersebut, ini adalah anggapan dari pencopet. Hehe...

3. Memasukkan barang berharga ke saku dalam jaket adalah cara selanjutnya. Barang berharga di sini bisa berupa HP, dompet, uang, bahkan celana dalam. Masukkan barang-barang (yang Anda anggap) berharga tersebut ke saku tersembunyi dalam jaket.

Jika dalam jaket Anda, bagian dalamnya tidak dilengkapi saku, bolehlah uang dan HP ditaruh dalam BH atau celana dalam. Hitung-hitung sebagai langkah bertahan hidup dan mengantisipasi terjadinya pencopetan dalam bus malam.

4. Memisahkan uang dari dompet bisa menjadi trik selanjutnya. Terlebih dulu pastikan bahwa Anda punya uang, kemudian simpan beberapa uang Anda di saku bukan di dompet. Maka ketika hendak membayar ongkos bus malam, membeli cemilan, rokok, atau anggur merah cap orang tua tidak perlu menunjukkan wujud dompet Anda.

5. Tidak tidur merupakan trik yang saya usulkan sendiri. Agar aman dan terhindar dari pencopet dalam bus malam saat tidur paling efektif adalah dengan tidak tidur. Para pencopet tidak akan mengincar orang-orang terjaga. Setidaknya dalam bus. 

6. Naik kereta api bisa menjadi trik mujarab lainnya. Jika pencopet yang akan menjadi pelaku terhadap Anda berada dalam bus, maka pilihlah model transportasi lain, misalnya kereta api atau kapal selam. Bisa pula helikopter pribadi jika Anda merupakan anak presiden.

7. Tidak melakukan perjalanan dan rebahan dalam kamar adalah trik terakhir. Anda tidak akan menjadi korban copet jika tidak berada di ruang publik, lebih khususnya melakukan perjalanan menggunakan bus malam. 

Setidaknya ada 7 trik untuk mencegah pencopet di bus malam saat tidur. Hidup di ruang publik seperti dalam rimba, terdapat predator yang siap memangsa. Alangkah lebih baik, bijak, dan tampak penuh kasih jika mengubah pola pikir para pencopet. Sehingga orang lain tidak perlu melakukan mode bertahan.

Para pencopet tidak akan melakukan pencopetan jika tidak didesak oleh kebutuhan (mabuk juga kebutuhan). Saya berbicara tentang pencopet dalam arti denotatif. Jika Anda menyangkal, "Di sana ada kumpulan manusia yang sudah makmur hidupnya, rapi pakaiannya, kinclong rambutnya, tetapi masih juga mencopet uang rakyat." Saya tidak membicarakan para binatang buas yang itu.

Sekian trik dari saya. Semoga bisa membantu, semoga Anda bisa bepergian dan tidur dalam bus dengan aman. Melupakan masa lalu dan menjemput masa depan. Jika tetap terjadi pencopetan, ikhlaskan saja. Sebab akan sangat sulit menemukan pihak yang mau membantu. //

Trik Mencegah Pencopet di Bus Malam Saat Tidur
Image by Steve Buissinne from Pixabay

Tinggalkan Komentar

2 Comments

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)