Bagaimana Caranya Menghukum Diri Sendiri?

Begini, tulisan ini hendak mencari saran. Jika Anda –sebagai pembaca—mempunyai saran untuk menghukum diri sendiri karena telah melanggar janji, maka dengan segala hormat, mohon tulis saran tersebut di kolom komentar.

Bagaimana Caranya Menghukum Diri Sendiri?
Image by PublicDomainPictures from Pixabay

Kronologi masalahnya begini, saya telah membeli beberapa buku, cukup banyak untuk takaran seorang penganggur. Mulai dari 4 buah novela terbitan Circa, 4 buku dari Kakatua, sampai beberapa buku bajakan yang tidak sengaja saya temukan di rumah teman. Belum lagi buku yang ditulis oleh penulis kondang Asri S. 

Buku-buku tersebut telah masuk dalam komitmen bahwa kesemuanya akan saya baca. Setidaknya menuntaskan semua novela mengingat jumlah kata dan halaman tidak terlalu banyak, atau fabel dari Kakatua yang lebih mirip anekdot itu. Nyatanya, aih kenyataan sering mengkhianati, nyatanya saya belum menuntaskan satu pun buku tersebut.

Kelalaian saya ini mesti diganjar dengan hukuman yang setimpal. Tidak ada yang salah dari kenyataan, begitu pula dengan komitmen yang sudah dibuat, yang salah tetap diri saya sendiri. Maka dari itu, untuk tidak mengulangi sikap serupa di masa mendatang (jika beruntung), saran dari Anda sangat saya butuhkan.

Oya, saya sudah meminta pendapat dari seseorang, katanya: Jangan beli buku, beli saja ciu. Atau, yang lebih enak, anggur saja. 

Saran yang sangat baik, saya kira, Indonesia tidak akan berubah menjadi lebih buruk hanya karena seseorang tidak menyelesaikan buku-buku bacaannya. Bahkan kerajaan-kerajaan baru tidak akan mempedulikannya. 

Kelalaian ini murni dari saya sendiri. Dengan waktu luang luar biasa besar karena menganggur itu, saya pun tetap tidak sanggup membaca. Sial, dunia dalam diri ini sudah berubah, dulu saya rajin membaca dan –terutama—menulis. Sekarang, jangankan membaca, berdiri untuk melihat mentari pun enggan dilakukan saban pagi.

Saya mengharap saran tanpa ada campur tangan kematian, terima kasih banyak. 

Tinggalkan Komentar

2 Comments

  1. Bagaimana dengan memberikan buku2 yang tidak tuntas kau baca untukku? Kalau kau tidak mau memberikannya, sebaiknya kau selesai membaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku akan tetap memberikannya setelah selesai membaca jika kau minta

      Delete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)