[SEMOGA] PENGHORMATAN UNTUK GONGSENG TONGKOL

Semoga tulisan ini merupakan penghormatan yang layak, untuk rasa enak masakan semua jenis ikan. 

Masakan di Indonesia ini banyak ragam dan jenisnya, termasuk yang berbahan dasar ikan. Perlu dicatat bahwa ikan itu bukan ayam, bukan pula sapi. Jika Anda tidak tahu apa yang dinamakan ikan, silakan sewa perahu, berlayarlah sampai Mariana Trench, dan ceburkan diri Anda di sana.

Pasti akan menemukan sesuatu yang --dalam artikel ini-- disebut dengan ikan, bersama dengan penyu (mungkin), gurita (mungkin), ubur-ubur, Aqua Man, dan bongkahan kapal di kedalaman lebih dari 5 kilometer.

Ikan adalah hewan, salah satu makhluk Tuhan yang umumnya mempunyai insang. Selain itu, ikan juga mempunyai rasa enak terus.

Perlu saya katakan di sini, bahwa artikel ini sepenuhnya anggapan subjektif saya. Entah setuju atau tidak itu urusan Anda dan lidah Anda. 

Kali ini yang hendak dibahas adalah gongseng Tongkol. Bahannya sangat mudah didapatkan, mulai dari ikan Tongkol yang sudah diselamatkan dari samudra. Pete (saya tidak menyukai satu ini). Dan bumbu lain.

Bisa ditambah Amer agar ikannya empuk, kemudian dimasak di wajan milik sendiri dan Anda makan sendiri. Itulah kesendirian. 

Soal rasanya enak. Bahkan sangat ENAK. Untuk semua jenis ikan selalu memiliki rasa enak di lidah saya; mulai dari ikan hasil memancing di sawah-sawah Tulungagung, di sungai-sungai Blitar dan Tulungagung, dan tentu saja ikan di kolam kampus IAIN Tulungagung --juga daging burung daranya.

Yah, pada tulisan ini sebenarnya saya cuma mau menyampaikan, sebuah penghargaan kepada ikan Tongkol --dan ikan lainnya-- yang mempunyai rasa enak. Serta rasa syukur kepada Tuhan telah menciptakan ikan-ikan, baik besar maupun kecil, di negara yang penuh dengan sandiwara elit politik ini.

Kemarin saya menulis di twitter, tentang rekomendasi kenikmatan dalam kehidupan ini selain ngangkang di mulut jamban sambil rokokan. Ternyata ada! Yaitu makan gongseng Tongkol. 


Khusus untuk para manusia dengan cita-cita mati muda, seperti pemilik blog busuke.site dan morfobiru.com silakan makan ikan dulu sebelum bunuh diri. Sayang sekali hidup Anda jika berakhir tanpa makan ikan. Sisa Amer buat minum setelah makan ikan Tongkol, maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan? //

Tinggalkan Komentar

0 Comments