12 Tugas Hercules dalam Mitologi Yunani

Hercules adalah anak haram dari hubungan seks yang dilakukan Raja Para Dewa, Zeus dengan manusia bernama Alkmene. Karena dilakukan oleh dewa, maka ini adalah pelecehan seksual tingkat dewa.
Anak dari hubungan tersebut melahirkan bayi yang kuat. Yang kemudian diberi nama Hercules.
Nama itu diberikan untuk meredam kemarahan istri Zeus, Hera. Sebab Hercules bermakna Kejayaan Hera atau Berjaya Melalui Hera. Tapi kebencian Hera Istri Zeus kepada Hercules Putra Zeus makin besar.
Pada saat masih balita, Hercules mendapat kiriman dua ekor ular dari Hera untuk membunuhnya. Namun Hercules malah menggunakan dua ular tersebut sebagai mainan hingga mampus.
Usaha selanjutnya oleh Hera adalah memanipulasi pikiran Hercules yang membuatnya kehilangan kontrol atas emosi dan pengendalian diri. Usaha Hera ini menghasilkan Hercules membunuh istrinya, dan orang-orang di sekitarnya.
Hercules menjadi gila dan dia disembuhkan oleh seorang tabib. Hercules menjadi sedih karena mengetahui yang telah terjadi. Namun Hera masih belum puas sebelum membunuhnya.
Tentu saja Hercules merasa bersalah. Dia menemui seseorang yang dianggap bijaksana di Delphi dan bertanya apa yang harus dia lakukan untuk menebus dosa-dosanya telah membantai orang-orang tersebut. Hal ini dimanfaatkan Hera untuk mengintimidasi ustaz tersebut.
Hercules diminta menemui seorang raja, yang sebenarnya adalah orang kepercayaan Hera. Sang Raja memberi dua belas tugas yang mustahil bisa diselesaikan oleh manusia biasa. Dia juga menjanjikan bahwa, jika tugas itu berhasil diselesaikan, maka seluruh dosa Hercules akan diampuni.
12 Tugas Hercules dalam Mitologi Yunani

Berikut 12 Tugas Hercules dalam Mitologi Yunani

1. Membunuh Singa Nemea

Singa emas raksasa yang kulitnya sekeras baja. Semua senjata tidak mampu melukai kulitnya, Hercules mampu membunuhnya dengan mencekik singa tersebut. Singa ini kelak digunakan sebegai simbol rasi bintang Leo di langit.

2. Membunuh Hydra 

Ular/naga raksasa berkepala sembilan. Yang jika kepalanya dipenggal akan muncul dua kepala lagi dari penggalan tersebut.


3. Menangkap Rusa Ceryneia

Rusa ini digambarkan memiliki tanduk emas dan kuku perunggu, serta memiliki kemampuan berlari yang lebih cepat daripada peluru. Adalah rusa peliharaan seorang dewi di Ceryneia.

4. Menangkap Erymanthus Boar

Seekor babi hutan raksasa yang ganas. Dalam tugas ini Hercules meminta saran Chiron seorang Centaur (setengah manusia setengah kuda). Walaupun dianggap guru, Chiron kelak mati karena tidak sengaja terkena panah beracun Hercules, kemudian dia diangkat dan diistirahatkan di langit menjadi rasi bintang Sagitarius.


5. Membersihkan kandang kuda Raja Augean

Masalahnya, kudanya ada ribuan!


6. Mengusir burung Stymphalian

Burung ini adalah pemangsa manusia yang memenuhi danau Stymphalian.


7. Menangkap banteng Kreta

Banteng yang diberikan oleh Poseidon kepada Raja Kreta. Yang kemudian dibuat marah karena Raja Kreta membuat Poseidon tersinggung. Banteng ini merusak kota, bahkan meniduri istri Raja Kreta.


8. Menangkap kuda betina Diomedes

Berjumlah 4 ekor, kuda-kuda ini pemakan manusia.


9. Mengambil sabuk Hippolypta

Perempuan feminim penguasa Amazon.


10. Mengambil ternak Geryon

Geryon adalah raksasa berbadan tiga, kepala tiga, dan tangan enam.


11. Mengambil apel Herperides

Dia pemilik apel yang berbuah emas yang pohonnya dijaga oleh seekor naga raksasa. Masalahnya yang tahu tempat pohon apel adalah Atlas. Sehingga Hercules meminta Atlas mengambilkan beberapa apel dari sana. Sementara Hercules menggantikan tugas Atlas memikul globe.


12. Menangkap Cerberus

Dia adalah anjing besar, galak, hitam, berkepala tiga peliharaan Hades. 

Mungkin ada beberapa detail yang tidak sengaja saya hilangkan atau memang sengaja saya alpakan. Jika teman-teman merasa detail tersebut penting untuk disampaikan silakan beri kripik saran di kolom komentar. Sekian.

Post a Comment

0 Comments