Joran Pancing yang Diketahui Tanpa Dikenal

Batang pancing disebut juga sebagai joran. Orang sering keliru menyebut mana pancing, dan mana joran. Pancing adalah kail, bukan tangkai.
Sebenarnya bermacam-macam cara menangkap ikan. Bisa menggunakan setrum, jala, obat(ciu), bubu (jebakan), hingga menggunakan alat pancing.
Memancing sendiri masih dibagi lagi banyak sekali berdasar tekniknya, misal di antaranya: casting, popping, troling, fly fishing, dasaran, dan masih banyak lagi.
Tapi yang hendak dibahas di sini bukan soal teknik memancing, cara nyepik, atau bagaimana cara mendapatkan hati perempuan yang telah memiliki suami, bukan, kita hanya akan membahas tentang joran yang selalu ngaceng.
Joran Pancing yang Diketahui Tanpa Dikenal
img src pixabay


Macam-Macam Joran Pancing (Fishing Rod)

1. Joran Bambu Biasa

Joran Pancing yang Diketahui Tanpa Dikenal
repo inet
Joran bambu sekarang lebih diminati daripada pendahulunya, joran plastik biasa yang sangat lentur itu. 
Joran bambu terbuat dari bambu pada pangkal, dan sambungan dari karbon untuk bagian tengah ke ujung atas.
Harganya murah, sekitar 7-15 ribu rupiah. Kokoh. Tidak mudah lapuk. Dan yang jelas, ada aroma alami sehingga membuat suasana memancing seakan menyatu dengan alam.

2. Joran Antena

Joran Pancing yang Diketahui Tanpa Dikenal

Disebut sebagai joran antena karena memiliki ciri seperti antena.
Bisa memanjang ketika digunakan, bisa menyusut saat tidak digunakan. Saya perlu ingatkan, yang sedang dibahas di sini adalah joran pancing, bukan sesuatu yang lain.
Joran jenis ini masih banyak peminatnya, di samping harganya yang tidak terlalu mahal, juga banyak jenis dan bisa dikostumisasi sesuai selera.

3. Joran Sambung

Joran Pancing yang Diketahui Tanpa Dikenal

Joran sambung bisa dibilang lebih kokoh daripada joran antena. Karena joran sambung tidak memiliki rongga pada tiap bagiannya. Sehingga lebih kuat dan elastis.
Joran sambung dibagi menjadi beberapa, ada sambung 2, ada sambung 3.
Harganya juga lebih mahal daripada joran antena. Joran sambung bisa digunakan untuk memancing di kolam, sungai, kali, danau, asal tidak digunakan untuk menyambung hubungan yang telah putus. Sulit.

4. Joran Tegek

Joran Pancing yang Diketahui Tanpa Dikenal

Jika kalian mencari joran yang simpel tiada tara, barangkali joran tegek menjadi solusi. Joran ini hanya batang saja, tidak ada reel dan kolong senar di tiap ruasnya. 
Polos. Jika dilihat akan mirip dengan joran antena, namun pada joran tegek hanya batang saja.
Karena keterbukaannya, joran ini sering juga dikostumisasi. Misalnya ditambahi kolong senar, atau tempat reel, atau dua pipa ujung diganti satu ruas yang lebih kaku, dll.
Harganya sekitar 20 ribu rupiah sampai dengan 1 triliun (jika penjualnya sedang mabuk sekali).
Baca juga.

Empat jenis joran di atas kita tahu. Tapi mungkin tidak tahu namanya. Empat joran tersebut sering digunakan untuk memancing ikan bukan babon, dengan tempat tidak luas. 
Jika hendak memancing di laut, diperlukan joran yang lebih khusus, dan tentunya jauh lebih mahal.
Nanti kalau saya diberi jalan untuk memancing di laut, dan memiliki joran sendiri, mungkin akan saya tulis kelanjutannya di sini.

Tinggalkan Komentar

0 Comments