7 Deadly Sins (7 Dosa Mematikan)

Perpaduan warna pokok bisa memunculkan warna lain yang disebut sebagai sekunder. Perpaduan dosa pokok bisa memunculkan dosa-dosa lain. Barangkali begitulah analogi untuk penjelasan dosa pokok.
7 Deadly Sins (7 Dosa Mematikan)
Image by Mircea Ploscar from Pixabay

Seven Deadly Sins:

1. Kesombongan/kebanggaan (pride)

Kesombongan dikenal sebagai dosa paling utama dan berbahaya. Sebab sangat mungkin melahirkan dosa-dosa lainnya. Sombong dan bangga dengan diri sendiri akan memandang orang lain rendah. Menjadi manusia paling benar dan selain dirinya salah. Menjadikan dirinya sendiri terkutuk di mata Tuhan.
Iblis yang membawa dosa ini adalah iblis yang paling patuh. Dikenal sebagai iblis, sebelumnya dikenal sebagai Azazel atau Lucifer Sang Pembawa Cahaya.
Azazel sebelum dikutuk jadi iblis adalah malaikat yang paling dekat dengan Tuhan. Karena dosa kesombongan inilah Tuhan menyuruh Azaziel menanggung siksaan berada di jalan yang berseberangan dengan Tuhan.
Melawan kesombongan adalah dengan humility: kerendahan hati, kesederhanaan, kekhusyuan. Padi makin berisi makin merunduk :)
7 Deadly Sins (7 Dosa Mematikan)
repo google

2. Ketamakan (greed)

Ketamakan bisa diwakili dengan rakus, kaya, pelit. Demi pemenuhan keserakahan yang tidak memiliki batas, orang yang dirasuki Mammon (iblis keserakahan) bisa melakukan segala cara untuk menimbun harta. Termasuk dengan merampok, memeras, dan hal-hal turunan dari ketamakan itu kepada orang-orang kecil.
7 Deadly Sins (7 Dosa Mematikan)
Image by Alexas_Fotos from Pixabay

Melawan ketamakan adalah dengan charity. Dengan beramal yang ikhlas. Bukan malah korupsi makan hak orang banyak. Korupsi itu malah memberi makan dosa ketamakan.
"Memberi itu terangkan hati, seperti matahari yang menyinari bumi." -Iwan Fals, Seperti Matahari.


3. Nafsu (lust)

Nafsu yang berlebihan dan tidak pada tempatnya akan berakibat buruk. Dikecam masyarakat hingga sebagai bukti pembangkangan kepada ketentuan Tuhan. Perbuatan yang berlebihan selalu tidak baik, ngeseks ya ngeseks tapi ya jangan sehari 80x. Nanti tinggal tulang sama kentut. Makan ya makan tapi jangan banyak-banyak, 1 piring sehari kan cukup.
7 Deadly Sins (7 Dosa Mematikan)
setan nafsu Asmodeus

Asmodeus adalah setan di bawah Lucifer yang dipercaya kuat membawa dosa lust (nafsu).
Nafsu (lust) bisa dilawan dengan kesucian (cashtity) dalam hal ini adalah kesopanan dan kebersihan untuk memerangi hawa nafsu. Misalnya dengan PUASA serta mmatuhi norma-norma yang berlaku dalam masyarakat dan agama, tidak sering membayangkan bokep, dll.

4. Iri hati (envy)

7 Deadly Sins (7 Dosa Mematikan)
Leviathan repo google

Setan yang membawa dosa iri adalah Leviathan (Hellmouth). Disebut hellmouth karena dianggap salah satu pintu neraka ada di mulutnya.
Cara memerangi iri (envy) adalah dengan kebaikan pujian (kindness). Jangan sampai yang keluar dalam bentuk perbuatan adalah bentuk dari iri. Simpan iri di hati dan mari menyebar kebaikan dalam tindakan nyata. Agar Leviathan yang berada di samudra hati kita tidak bangkit dan menganga menunjukkan pintu neraka di mulutnya. :)

5. Kemalasan (sloth)

Kemalasan adalah dosa. Sebab dengan malas, manusia menyia-nyiakan talenta dan karunia yang dititipkan oleh Sang Pencipta kepadanya. Salah satu bentuk pengingkaran syukur tanpa disadari.
Kemalasan juga akan berakibat buruk kepada pelaku. Urusan dunia gagal, kemudian marah-marah, menyakiti hari orang lain, sehingga urusan akhirat gagal pula. 
7 Deadly Sins (7 Dosa Mematikan)
Belphegor
Belphegor dikenal juga sebagai iblis kekayaan yang licik. Ingat, licik dan cerdik berbeda, kita batasi antara kebaikan dan ketidakbaikan, meski paradoks, agar tetap dikira orang baik, Hahaha
Dengan tanduk, ekor, dan kuku yang tajam. Orang yang dipengaruhi Belphegor akan mencari-cari kemakmuran dengan upaya yang curang. Misalnya main game pakai cheat, ngepet, dll. Berarti Belphegor ini cerdas juga, bagaimana dia bisa jadi licik jika tidak cerdas, wah kita (manusia) jangan-jangan kalah cerdas sama iblis?
Melawan kemalasan (sloth) adalah dengan ketekunan (diligence). Kita harus paksa diri untuk tidak malas, melawan diri sendiri yang berontak bertahan di zona nyaman. Lawan dengan rajin dan kerja keras.

6. Kerakusan (gluttony)

Gluttony di sini adalah rakus terhadap makan. Dikatakan rakus jika makan banyak hingga sampai pada titik di mana makanan terbuang sia-sia.
7 Deadly Sins (7 Dosa Mematikan)
Beelzebub
Beelzebub adalah raja di neraka paling atas yang wujudnya digambarkan sebagai iblis lalat. Orang-orang yang memilih makanan, makanan terlalu mahal, makan cepat, dan rakus akan menjadi pengikutnya.
Dia dalam bahasa Arab dikenal sebagai Ba'al az-Zubab. Melawan kerakusan (gluttony) ini adalah dengan TEMPE. Ya, temperance (kesederhanaan). Membatasi diri untuk tidak memakan yang tidak perlu. Asal cukup buat ibadah saja. Menerapkan kesederhanaan/membatasi diri ini sekali lagi bisa dilakukan melalui PUASA.

7. Marah/murka (wrath)

Wrath tidak sekadar marah yang biasa. Melainkan dalam istilah lain anger of rage. Marahnya orang marah itulah wrath di sini. Marah yang masih dalam kendali adalah biasa, sebab manusia memiliki marah, sedih, dan perasaan lain yang beraneka ragam dan menjadikan manusia. Namun jika perasaan-perasaan tersebut kelewat ambang batas wajar, akan menjadi dosa yang berakibat pada apes diri sendiri.
Iblis yang dianggap mampu menanggung marah dan dampak atasnya adalah Satan/Amon/Lucifer/Azazel. Ketika Azazel diusir Tuhan karena kesombongannya, dia menjadi marah  dan disebut sebagai Satan/Amon.
Meredam marah/murka adalah dengan wudlu (mensucikan diri), salat, dan baca Quran. Selanjutnya adalah forgiveness (memaafkan). Hidup akan tenang tanpa dendam dan ambisi membalasnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas tentang 7 dosa mematikan, iblis, dan cara menghindari dosa, saya (sebagai penulis) merasa bahwa iblis-iblis itu hebat karena mampu menanggung beban yang berat. Mereka sanggup dan mau menerima setiap saat dikutuk dan dicaci. Menjadi alibi atas dosa yang sebenarnya berada di dalam diri kita sendiri.
Semoga para iblis berbahagia di neraka. //

Tinggalkan Komentar

0 Comments