Jenis Topi, Gambar, dan Penjelasan

Topi adalah benda yang diletakkan di kepala, jika diletakkan di selangkangan, itu bukan topi. Melainkan celana dalam. 
Jika dipakai di kaki namanya sepatu, jika dipakai di badan namanya baju. Baik, itu hanya soal nama, namun kegunaannya sama, untuk melindungi dan menutupi sesuatu. 

1. Topi Baseball (Baseball Cap)

Barangkali topi baseball memang terinspirasi dari permainan baseball. Baseball adalah a ball game played between two teams of nine on a field with a diamond-shaped circuit of four bases. It is played chiefly in the US, Canada, Latin America, and East Asia.
Dalam penerapannya, topi jenis baseball bisa dipakai sehari-hari, dari semua kalangan, asal mempunyai kepala bisa memakai  topi jenis ini.
Harganya beragam. Untuk yang polos dan borongan tidak sampai 20.000, namun jika sudah disablon, terutama untuk custom harganya bisa melonjak hingga dua kali lipat, sekitar 30-40 ribu rupiah. Tergantung tukang sablonnya sedang baik atau sedang galak.

2. Topi Snapback (Snapback Cap)

Topi snapback memiliki desain yang berbeda dengan baseball. Terlihat jelas dari bentuk topi bagian depan. Jika topi baseball melengkung, maka topi snapback lurus. Topi jenis ini lebih sering dipakai anak muda zaman now. Meskipun ada kemungkinan dipakai bapak-bapak ketika hendak pergi ke sawah mencari rumput. 
Bahan dari topi snapback lebih tebal, membuatnya agak lebih mahal daripada baseball cap. Biasanya lebih mahal 5-10 ribu. Jadi, jika polosan dan borongan, harga topi jenis ini sekitar 15-25 ribu. Jika disablon bisa sampai 40 ribu.

3. Topi Snapback Klasik

Memiliki bahan yang lebih tipis. Dengan desain yang nyaris sama, topi snapback klasik memiliki ciri khusus yaitu ada tali (mirip tali temali di Pramuka) yang menghiasi bagian depannya.
Karena bahan yang lebih tipis, harga topi ini lebih murah daripada snapback biasa.
Jika kalian penggemar snapback, saya sarankan untuk snapback biasa saja, sebab ujung atas dari snapback klasik mudah bengkok. Karena bahan yang tipis tadi.

4. Topi Trucker

Inilah topi sejuta umat. Topi yang amat mudah kita jumpai di mana-mana. Topi trucker namanya. Disebut juga sebagai topi jaring. Penyebutan tersebut bukan tanpa alasan, bagian belakang topi trucker adalah jaring plastik. Bagian depan dari gabus. 
Kelebihan topi ini memiliki warna yang beraneka ragam. Macam-macam. Kemudian pada bagian depan melengkung seperti baseball cap.

5. Topi Trucker Model Snapback

Barangkali industri pertopian telah kreatif kelewat batas. Semua usaha digunakan untuk menyenangkan keinginan pembeli yang tanpa ada ujungnya. 
Topi trucker model snapback sangat cocok bagi kalian yang penggemar topi trucker dan snapback sekaligus. Kepala manusia hanya ada 1, mustahil memakai 2 topi secara bersamaan, namun terobosan ini membuat memakai dua topi bukanlah sesuatu yang muskil.
Disebut demikian karena bagian depan dari topi trucker ini datar mirip dengan topi snapback. Topi trucker adalah topi yang paling murah saat ini, harga polos dan borongannya sekitar 8000-15000 saja.

6. Topi Kupluk

Topi tanpa bagian depan penghalang sinar matahari disebut topi kupluk. Ada beberapa jenis topi kupluk. Kupluk disebut topi karena tidak mengurangi fungsi dan sesuai definisi topi yang telah kita sepakati di atas. Topi adalah benda yang diletakkan di kepala, jika diletakkan di selangkangan, itu bukan topi. Melainkan celana dalam. Setuju?

7. Topi Fedora

Fedora Jenis Caplin
Fedora Klasik
Topi fedora juga memiliki berbagai jenis. Harga topi ini tidak bisa dibilang murah. Namun untuk bergaya boleh juga. Saya sendiri sering melihat topi fedora dipakai oleh aktor di film-film lawas.

8. Topi Flat (Flat Cap)

Di Indonesia, topi flat disebut sebagai topi pet atau topi copet atau topi pelukis atau topi kodok. Topi flat pernah jaya pada masanya, orang dengan ciri khas topi ini adalah Sapardi Djoko Damono. Jika kalian hendak jadi seniman atau penyair, pakailah topi ini, niscaya seketika kalian jadi penyair mirip Sapardi Djoko Damono.
Flat cap memiliki desain yang tipis, dan kaku di bagian depan. Keren sebenarnya. Tapi yang penting kan di dalam topi, bukan topinya. Setuju?

9. Topi Newsboy (Newsboy Cap)


Newsboy cap nyaris sama dengan topi kodok atau flat cap. Bedanya, pada bagian tengah topi ini lebih berisi. Bisa dipakai pria, wanita, maupun waria. Asal memiliki kepala.
Seniman sekaligus penulis dengan topi jenis newsboy adalah Andrea Hirata.
Silakan pakai topi newsboy jika kalian hendak jadi penulis novel bestseller mirip Laskar Pelangi.

10. Topi Caping (Caping Cap)

Topi tidak hanya terbuat dari bahan plastik dan kain. Ada topi natural (natural cap) berasal dari bambu. Ini adalah produk dalam negeri yang orisinil. Orang-orang menamainya sebagai topi caping/capil. Jika dalam bahasa Inggris menjadi Caping/Capil Cap.
Manfaat topi jenis ini luar biasa hebat. Dapat menangkis silau dan panas dari segala arah. Topi caping diperuntukkan bagi orang dengan penggunaan ekstrim. Misalnya di sawah sejak pagi hingga petang. Selain panas, topi caping bisa menangkis hujan. 
Dengan penggunaan yang begitu luar biasa ini, topi caping dibandrol dengan kisaran harga tidak sampai 10 ribu! Hebat. Saya tiada berhenti kagum dengan kegunaan topi caping yang tiada tara, dengan harga yang terlampau ekonomis berat.
Banyak pilihan warna untuk topi jenis ini, bisa dicat sendiri tanpa memerlukan tukang sablon topi. Menarik!

11. Topi Kopiah (Kopiah Cap)

Kopiah disebut juga sebagai peci. Topi jenis ini tidak asing lagi untuk orang-orang. Sering digunakan untuk ritual keagamaan, seperti sembahyang dan tahlilan. 
Namun tampak baik juga digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya, memberi makan ikan, mengantar anak sekolah, bahkan hingga berak di jamban. 
Manfaat topi ini tidak sebatas di dunia, melainkan melintasi alam juga. Manfaat dunia akhirat. Topi faedah. Anda akan dikira orang suci jika ke mana-mana memakai topi jenis ini.
Pilihan model juga beragam. Ada yang kotak dan bundar, dengan corak yang tidak habis dipilih-pilih.
Bahan topi kopiah terbuat dari kain yang tebal, jika yang bundar terbuat dari benang yang memiliki daya pegas. Sehingga berapapun ukuran kepala Anda, topi ini akan selalu pas untuk dikenakan.
Zaman now kopiah sudah ada yang versi modern. Namanya Miki Hat. Memiliki model mirip kopiah, hanya disesuaikan dengan kondisi masyarakat milineal. 

Kesimpulan

Di dunia ini masih banyak jenis-jenis dari topi. Namun perlu diingat, seperti yang saya katakan di atas, yang terpenting bukan topi mana yang Anda pakai, namun isi dari topi Anda. Isi dari ndasmu!
Jika ada topi yang alpa saya sebutkan, dan ternyata penting bagi kehidupan, silakan komentar di bawah. Siapkan topimu, siapkan kopimu, kita nikmati hidup. //

Post a Comment

0 Comments